Obat Pelangsing Tidak Selalu Aman Untu Kesehatan

Obat Pelangsing Tidak Selalu Aman Untu Kesehatan. Selain melakukan diet, dalam upaya menurunkan berat badan sebagian orang memilih mengkosumsi obat pelangsing. Obat pelangsing yang aman tentu tidak membahayakan kesehatan. Namun, tidak sedikit obat pelangsing abal-abal yang membahayakan kesehatan dan sangat perlu diwaspadai. Mari kita kenali ciri-ciri obat pelangsing berbahaya tersebut.

Obat dan Kosmetik Ilegal

1. Tidak Memiliki Izin Edar

    Hal yang perlu dicek pertama kali sebelum membeli suatu obat pelangsing adalah izin edarnya. Seluruh produk obat-obatan yang beredar secara legal wajib mengantongi izin dari BPOM. Obat-obat yang sudah berizin BPOM dipastikan aman untuk dikonsumsi. Sementara, obat-obatan pelangsing ilegal baiknya tidak dikonsumsi sebab bahan kimia  yang terkandung di dalamnya belum teruji layak atau tidaknya.

2. Tidak Mencantumkan Komposisi Bahan

    Obat-obat pelangsing yang tidak mencantumkan komposisi bahan pada kemasan luarnya juga patut diwaspadai. Bila suatu obat memang terbukti aman dikonsumsi, pastinya produsen obat tersebut tidak ragu mencantumkan komposisi obat pada kemasan luar, beserta tanggal produksi dan kedaluwarsa.

3. Kenali Beberapa Kandungan Obat Berbahaya

    Tak sedikit obat atau suplemen pelangsing yang menjual kata “bahan herbal/alami” dengan maksud agar menumbuhkan perasaan aman di hati konsumen. Padahal jika diteliti dari komposisi bahannya, ada beberapa bahan berbahaya yang ditambahkan. Contoh, phenolphthalein dan sibutramine. Kedua bahan dapat menimbulkan efek samping berupa pusing, mual, lemas, dehidrasi, serta berbagai keluhan negatif lainnya pada tubuh.

4. Bersifat Diuretik

    Obat pelangsing bukanlah obat diuretik. Sayangnya banyak yang salah kaprah, obat diuretik yang ditujukan untuk konsumen yang punya masalah konstipasi, justru dikonsumsi sebagai obat pelangsing. Obat diuretik bertugas untuk mengosongkan ampas di dalam perut, namun sama sekali bukan ditujukan untuk melangsingkan tubuh. Mengonsumsi obat diuretik setiap hari justru akan membahayakan sistem pencernaan dan berujung pada terjadinya diare. Diare akan menguras cairan tubuh hingga mengakibatkan terjadinya dehidrasi dan tak menutup kemungkinan nyawa menjadi taruhannya.

Semoga artikel ini menyadarkan kita semua untuk lebih berhati-hati lagi memilih obat atau suplemen pelangsing tubuh. Konsumen bijak pasti tak mudah tergiur oleh janji-janji iklan semata, melainkan lebih memedulikan kesehatan tubuhnya untuk jangka panjang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *