Inilah 5 Tips Bisnis Online Bagi Pemula Menurut Michael Sugiharto

Inilah 5 Tips Bisnis Online Bagi Pemula Menurut Michael Sugiharto. Memutuskan untuk terjun ke bisnis online itu tidaklah gampang. Kita harus punya keyakinan kalo bisnis yang akan kita jalani ini sukses kedepannya.

Menurut Michael Sugiharto, direktur bisnis strategist Outletz.id, bisnis online itu gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus kita kuasai untuk terjun di dunia bisnis online. Berikut ada 5 tips bisnis online bagi pemula:

1. Temukan Passion Kita

Kita harus tau jelas apa gairah kita jika mau terjun ke dunia bisnis online, temukan passion kita. Jika kita senang dengan apa yang kita sukai, pastinya dalam menjalankan bisnis tanpa beban. Jadikan bisnis kita menjadi hobi, barang apa yang kita sukai, produk apa yang kita senangi, atau hal apa yang menjadikan kita tertarik dengan begitu dalam menjalankan bisnis kita jadi penuh gairah tanpa beban dan enjoy.

2. Cari Mentor Bisnis

Kita harus cari mentor untuk dijadikan role model untuk memulai bisnis. Tentukan siapa yang akan menjdi mentor kita karena ini penting, akan sulit jika kita memulai bisnis sendiri tanpa bimbingan orang yang sudah berpengalaman, kita akan mengalami kesulitan diawal-awal berbisnis. Paling gampang yang bisa kita ambil pelajaran dari mentor adalah metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

3. Pilih Produk Yang Disukai Orang

Kebanyakan orang berpikir untuk memilih produk yang disukai pelanggannya kelak. Sebenarnya, itu akan menimbulkan resiko. Sebab, kenyataannya produk yang kita sukai belum tentu disukai oleh pelanggan, jadi bukan kita yang menentukan pilihan produk, selera kita belum tentu sama dengan orang. Selaku pebisnis, kita harus tau kebutuhan customer itu apa? Pilih bisnis yang disukai oleh banyak orang disekitar kita.

4. Fokus Pada Satu Bisnis

Kenapa ini penting? karena jika kita melakoni satu jenis bisnis dan kemudia melambung, kita bisa ekspansi ke bisnis yang lain. Kebanyakan pebisnis pemula ingin menjajal semua bisnis, dan akhirnya satu pun tidak ada yang jalan. Tentukan kategorinya dulu sebelum memilih produk. Misal, kita mau berbisnis pisang goreng, kita fokus saja jualan pisang goreng, jika itu bisa melambungkan bisnis kita, kita bisa ekspansi misal ke pisang bakar dan seterusnya.

5. Pilih Platform/Tempat Penjualan

Ini penting, kita harus memilih channel penjualan apakah kita lewat media sosial (Facebook, IG, YouTube), toko online atau marketplace. Konsentrasi di satu platform saja, jangan teralalu cepat membuka cabang. Setiap market bisnis online memiliki karakter berbeda, jadi kita pilih satu saja dulu.

 

Sumber Asli Disini

 

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 2,2 Juta Rupiah Dalam Waktu 2 Hari Dari Bisnis Online Klik Disini

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *