Benarkah Cabe Efektif Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Cabe Efektif Menurunkan Berat Badan? Walau rasanya pedas, namun cabe merupakan rempah pembangkit selera makan. Selain itu dikabarkan juga bahwa cabe dapat mempercepat proses pembakaran lemak bila diracik bersama air perasan lemon dan cuka apel. Ramuan tersebut dikonsumsi penyanyi terkenal Beyonce Knowles, dalam upayanya menurunkan berat badan dan terbukti ampuh.

Menurut ahli biologi Hellen Kolias, keberhasilan tersebut tak terlepas dari kandungan Capsaisin yang terkandung dalam cabai. Capsaisin merangsang detak jantung dan pernafasan yang lebih cepat sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak dari biasa. Ramuan bubuk cabai yang dicampur dengan air lemon atau cuka apel, juga dapat dimanfaatkan untuk proses detoksifikasi. Sebab, mengkonsumsi ramuan ini secara benar diketahui dapat melancarkan BAB serta meningkatkan pengeluaran keringat.

Efek Samping Diet Cabe

1. Diare

Mengkonsumsi cabai dalam menu diet tentu dibarengi takaran yang tepat. Jika berlebihan, sistem pencernaan justru akan bermasalah yang berujung pada terjadinya diare. Yang lebih fatal lagi yang disebabkan karena mengkonsumsi cabai secara berlebihan terjadi berulangkali, maka dapat dipastikan tubuh akan kehilangan banyak nutrisi.

2. Wasir

Orang dengan riwayat wasir kronis sebaiknya tidak menerapkan diet cabe ini. Pasalnya, mengkonsumsi sesuatu yang pedas beresiko besar membuat wasir semakin meradang hingga memicu terjadinya pendarahan.

3. Menjadi Racun Dalam Tubuh

Disisi lain jika melebihi batas tertentu yang disarankan, capsaisin juga dapat menghambat produksi neurotransmitter tertentu di dalam tubuh hingga megakibatkan zat-zat racun di dalam tubuh sulit terbuang.

4. Tenggorokan Panas

Tenggorokan panas atau muncul sensasi terbakar turut dirasakan mereka yang menerapkan diet cabai tanpa mengikuti anjuran yang tepat. Rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan tersebut memang bisa dinetralkan dengan air putih atau susu dingin. Namun jika masalah tersebut terjadi berulang, maka tenggorokan bisa mengalami iritasi serius.

Begitulah dibalik khasiat cabai dalam program diet. Sebagian besar diet, tak terkecuali diet cabe, boleh dicoba asal tidak bertentangan dengan riwayat kesehatan serta anjuran dokter.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *