Awal Saya Belajar Bisnis Online

Awal saya belajar bisnis online. Saya agak lupa2 inget tahun berapa saya mulai kenal bisnis online, kalo gak salah waktu itu saya masih berkantor di daerah Pondok Indah, Jakarta, berarti sekitar tahun 2006-an. Karena saat itu lihat teman kantor lama saya saat itu sudah lebih dulu. Saat itu saya masih belum paham, bahwa cari uang via internet juga bisa, belum paham how make money online. Apalagi saya saat itu masih berada di comfort zone, untuk belajar bisnis belum ada, makanya udah aja berlalu, sekedar tau belum jadi passion saat itu.

Sempat vakum hingga tahun 2012, saya sedikit demi sedikit mulai tertarik di dunia bisnis online, dari mulai kumpulin ebook sampai liat youtube, apa itu bisnis online, internet marketing, SEO, iklan facebook dan macem2 materi pendukung lainnya. Dipengaruhi oleh headline2 web yang sangat menggelitik, akhirnya saya mencoba belajar bisnis online, berharap saya bisa berhasil seperti apa yang dikatakan headline web tersebut, mendapatkan uang dari internet tanpa harus pergi ke kantor cukup dari rumah aja.

Mulai belajar bisnis online saat itu berawal dari membuka situsnya jokosusilo.com dengan produk formula bisnis-nya. Buat temen2 yang udah lama menggeluti ini, pasti udah tau, situs ini cukup terkenal saat itu dikalangan para pebisnis online pemula saat itu dan saya termasuk yang membeli produk ebook-nya dengan harga saat itu 200 ribuan.

Buku Fenomenal Saat Itu

Gimana gak tertarik coba, dengan judul ebook Sistem Mesin Uang Otomatis, semua pasti tertarik termasuk saya yang pada akhirnya banyak orang-orang merasa tertipu dengan produk ini, saya malah gak dibaca sampai tuntas. Alesannya karena emang males baca dan gak begitu paham dan sampai sekarang belum dibaca juga kelanjutannya.

Waktu itu saya hanya hobi ngumpulin ebook dan video tentang bisnis online, belum juga action. Saya akhirnya ikut kursus bisnis online via internet. Siapa yang tidak kenal Anne Ahira dengan AsianBrain-nya, disitu saya akhirnya ikut kursus selama 4  bulan. Cara belajarnya, membership dengan nyimak video penjelasan Anne Ahira tentang bisnis online ada juga prakteknya. Sistemnya per modul, jadi tiap modul di locked, dibuka saat kita sudah bayar, per modul 250 ribu… lumayan. Belajar sendiri, saat tanya jawab durasinya gak terlalu panjang, kadang saat saya online, pihak asian brain lagi offline, akhirnya saya coba belajar sendiri dengan materi yang ada.

Anne Ahira – Guru Internet Marketing Saya

Lama belajar sendiri gak ada mentor, gak ada komunitas teman-teman yang  bisa diajak diskusi, akhirnya rasa malas pun tiba, lama kelamaan ditinggal begitu aja, buat jadi pengusaha online malah dilupakan. Kembali lagi saya vakum untuk beberapa lama dan kembali fokus jadi anak kantoran karena masih setengah hati dalam menekuni bisnis online.

Pelajaran yang saya ambil kenapa saya gak begitu semangat untuk menekuni bisnis online?

  • Gak punya mentor
  • Gak Ada komunitas

Benar kata Sir Richard Branson, Founder dari Virgin Group.

“If you ask any successful businessperson, they will always (say they) have had a great mentor at some point along the road.”

Jadi untuk menjadi pebisnis sukses, rata-rata mereka mempunyai mentor bisnis, karena mentor lah yang bisa menegur, memberi arahan, memberi masukan, membimbing bagaimana menjadi seorang pebisnis. Jaman sekarang gak susah belajar bisnis online, semua materi ada semua di internet, gratis pula, dari tutorial membuat website, teknik SEO, cara membuat konten, cara beriklan di facebook, membuat copywriting sampai belajar bagaimana cara mem-follow up pelanggan, semua tersedia di internet baik berupa ebook maupun video, artinya kita bisa otodidak. Seperti saya dulu, hobinya ngumpulin terus materi, action gak jadi2, coba bikin blog gratisan asal isi konten, belum ngerti kalo konten itu bermanfaat gak, plagiat gak, yang penting bisa bikin belum memikirkan jauh sampai blog itu menghasilkan income (monetizing).

Saya menjadi orang kantoran itu lebih dari 16 tahun (3 kali pindah2 perusahaan) cukup lama juga menjadi karyawan, sampai suatu saat saya merasakan jenuh sebagai karyawan, akhirnya saya mencoba menggeluti bisnis online, karena menjadi karyawan, rasa-rasanya mengalami stagnasi, baik suasana maupun taraf hidupnya (bahasa terangnya lama kayanya). Sebenarnya naluri bisnis saya itu sejak lama ada, karena sebelum saya menjadi karyawan, saya pernah punya toko di pasar dan kebetulan keluarga saya pun pedagang, orang tua juga pedagang, jadi dunia perniagaan (bisnis) itu bukan hal baru.

Termotivasi menjadi seorang pebisnis, saya mencari-cari apa yang pas buat saya, apalagi saya termasuk kategori orang introvert (pemalu dan memalukan) 😀 Gak banyak bertemu orang tapi bisa berbisnis, jatuhlah ke bisnis online. Pengalaman terdahulu, saya harus mencari mentor dan komunitas bisnis supaya saya bisa menjalankan bisnis ini dengan bimbingan para mentor dan teman-teman sekomunitas, berbagi pengalaman dan lain-lain.

Di komunitas yang saya gabung, banyak dari berbagai daerah, berbagai usia, macem2 latar belakang bahkan mentor saya itu masih umur dibawah 30 tahun tetapi sukses di bisnisnya. Saya senang bisa bergabung dengan komunitas bisnis ini.

Komunitas Bisnis SB1M ini lah tempat saya bergabung, nongkrong, belajar bisnis, jalan2, hampir semua anggotanya mempunya bisnis sendiri di rumahnya, bisnis mereka sudah di online-kan semua. Kita bisa belajar praktek bersama, sharing pengalaman, dimentorin sampai kita bisa mandiri dalam berbisnis. Bermarkas di bilangan Senayan Jakarta, disitu lah saya sering ngumpul bersama para anggota dan mentor bisnis saya.

Berto Saksono Jati – Founder Sekolah Bisnis Online SB1M

Salah satu mentor bisnis saya adalah Berto Saksono Jati, saya biasa manggilnya Mas Berto. Beliau seorang pengusaha muda yang mempunya bisnis dimana-mana. Bisnisnya macem2, fashion dengan merk bloopendorse, kuliner seperti bebek ginyo, bakso kemon, restoram eat happen, properti dan masih banyak bisnis lainnya. Dan sekarang beliau fokus di bisnis online sebagai affiliate marketer bersama sekolah bisnis SB1M yang dia dirikan dimana saya juga salah satu membernya.

Saya Bersama Komunitas Bisnis Online SB1M Jakarta

Karena dulu, mindset saya sebagai pebisnis belum ada, apalagi seorang pebisnis online. Saya memahami ini semua saat bergabung dengan komunitas SB1M berkat dibimbing oleh mentor2 saya. Alhadulillah saya sudah mempunya bisnis sendiri bisa saya jalankan dari rumah. Walaupun saya belum full time sebagai pebisnis online karena saat ini saya masih menjadi karyawan di salah satu perusahaan IT di Jakarta. Berkat inilah, karena saya sedang menggeluti bisnis online atau ada juga yang menyebut internet marketing, di kantor, posisi saya sekarang di Business Development sebagai Digital Marketing Strategic.

Insya Alloh gak lama lagi, saya sedang mempersiapkan MPP alias Masa Persiapan Pensiun sebagai karyawan dan akan lebih fokus lagi dalam mengelola bisnis saya sendiri, saya akan fokus di usaha saya yang saya bangun.

Buat teman2 yang ingin bergabung dengan kami, komunitas bisnis SB1M, bisa hubungi kontak saya di website ini atau silahkan klik kontak disini.  Yang masih bingung gimana cara memulai bisnisnya, bagaimana menjadi seorang pebisnis. Saran saya bergabunglah dengan komunitas SB1M karena disana kita akan bertemu dengan para pebisnis sekaligus membangun jaringan untuk keperluan bisnis teman2, kita akan dimentorin hingga berhasil membangun bisnis secara mandiri dan mengelolanya. Jangan khawatir jika teman2 masih pemula atau bahkan gaptek sekalipun, karena member yang lain pun awalnya sama. Untuk menjadi free member SB1M tidak dipungut biaya alias gratis. Teman2 bisa mendaftar disini. Salam sukses dan selamat bergabung…

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *