Apa Perbedaan Bisnis Online Dan Digital Marketing

Daftar Bisnis online SB1M

Apa perbedaan bisnis online dan digital marketing. Kali ini kita akan membahas tentang materi yang sangat menarik, apa sih bedanya bisnis online dan digital marketing? Nah, ada yang tau tidak, mungkin bagi kita rata-rata berpikir digital marketing ya bisnis online atau bisnis online pasti ngomongin digital marketing. Sebenernya tidak sama.

Nah, mau tau apa berbedaan keduanya, mari kita bahas sama-sama. Menurut Anda sendiri, bisnis online itu apa? digital marketing itu apa? Nah nanti kita akan compare notes ya, baca ulasan sampai akhir. Dimana sih perbedaan dari keduanya.

Jadi, bisnis online itu sebenarnya lebih besar dari digital marketing, artinya digital marketing itu merupakan salah satu bagian daripada bisnis online itu sendiri. Kita bedah dari keduanya, Bisnis online itu biasanya kita fokus di managemennya dan fokus dipengadaan barang. Menurut mentor saya, pernah berkata “kalo kamu pengen jadi kaya, simple banget! Kamu hanya bisa melakukan 3 hal”

Pertama, kamu cari tau orang maunya apa? Jadi kamu cari tau market ini mau cari barang apa? atau produk apa?

Kedua, Kamu bikin barangnya kalo bisa atau cari supplier atau orang yang punya barang ini.

Ketiga, Ambil atau bikin barangnya dan berikan kepada market tersebut.

simple ya! oke, memang kedengerannya klise dan simple banget, tapi sebenarnya itu itu yang dilakukan pebisnis. Jadi menariknya dari pebisnis itu. Pebisnis itu akan melihat peluang-peluang seperti ini. Kalo sudah ketemu peluang seperti ini, Dan ini akan dibawa kedalam satu marketing, intinya marketing plan.

Biasanya kalau marketing plan ini kita akan perlu seorang Digital Marketer, karena apa? Bisnisnya di online, berarti bisnisnya harus dipasarkan secara digital. Jadi biasanya idenya ini dari Pebisnis Online dia yang akan memikirkan apa itu yang orang mau, dan disediakan modalnya juga managemennya pengadaan barang gimana kemudian di akan bertemu dengan seorang Digital Marketer.

Seorang Digital Marketer akan memikirkan dan merencanakan bagaimana mencari target marketnya, dan dari sini biasanya akan mulai keluar yang namanya Branding, jadi ada Digital Brandingnya, seperti apa nanti brand kita. Nah ini akan disesuaikan dengan target marketnya. Jadi jangan dibuat branding itu tidak sesuai, contohnya Anda mau jualan barang misal perhiasan yang mahal, perhiasan mahal kalo brandingnya salah, malah terkesan perhiasan murah, tidak cocok. Atau kita mau jualan barang murah misal baju, karena brandingnya kemahalan malah jadi tidak laku, jadi branding nya ini harus disesuaikan dengan barang dan marketnya.

Jadi kalo di bisnis online performance-nya itu biasanya diukur dari bisnis secara keseluruhan, itu mencakup mencari produsen, mencari supplier, product creation, branding, packaging, gudang, distribusi, human resource/karyawan, dan marketing semuanya ada di Bisnis Online. Jadi biasanya dia punya performance nya itu akan diukur bisnisnya ini bertambah besar dari berapa banyak karyawan, barapa banyak produk yang djual, dan tentunya profit.

Kalau Digital Marketing fokusnya dimana? digital marketing biasanya bikin plan, bagaiamana cara menjual produk tersebut secara online. Membuat rencana seperti riset dulu siapa yang suka beli barang ini, marketinya seperti apa, kemudian branding nya seperti apa, terus mulai dibuat dsini di Digital Marketing. Dan kemudian dibuat funnel. Funnel itu adalah cara membawa calon customer, orang yang tidak kenal sama sekali dengan produk kita (kalo produk kita baru) sampai bisa jadi customer. bahkan bisa jadi advokat artinya dia sudah beli dan dia suka, dan dia bisa sharing ke orang lain mengenai produk tersebut.

Jadi kerjaan seorang Digital Marketer seperti itu. Nah karena kerjaannya itu makanya KPI atau performance nya itu akan diukur berdasarkan seberapa berhasil meng-konversi orang-orang yang bukan pembeli menjadi pembeli. Intinya seperti itu, Cuman satu hal lagi, yang perlu kita ingatkan bahwa membuat orang beli saja bukan bisnis secara keseluruhan karena bisnis secara keseluruhan itu besar sekali. Misal, kita jualan kaos, marketingnya bikin orang beli kaos, tapi bikin orang beli terus menerus itu namanya bisnis. Jadi kalo cuma marketingnya saja dan orang beli itu namanya dagang, tapi kalo ingin membuat brand dan orang atau customer beli terus menerus dan brand itu dikembangin, tadinya beli kaos kemudian jual asesoris atau jual apa saja yang berhubungan, berkembang jadi besar, itu namanya bisnis. Itulah yang membedakan antara Bisnis Online dan Digital Marketing.

Apakah seorang Digital Marketer bisa menjadi Pebisnis Online? Bisa! Apakah seorang Pebisnis Online bisa manjadi Digital Marketer? Ya bisa juga! Tapi kalo Anda seorang Pebisnis Online, Anda tidak mesti menjadi Digital Marketernya. Anda bisa hire orang yang bisa digital marketing buat Anda. Jadi pemikiran Anda itu akan beda, Anda harus punya Ownership.

Nah, kalo Anda tertarik, kami dari komunitas bisnis online SB1M mengadakan workshop, gimana caranya Anda punya bisnis online. Anda akan diajarkan bagaimana memasarkan produk sendiri secara online, cara menjual produk orang lain, cara mencari supplier, bagaimana membangun pasar/market, sampai ke hal teknis seperti cara membuat toko online, memasarkan produk lewat media sosial, menjual lewat marketplace, cara iklan produk dengan facebook, Instagram, Google ads, teknik SEO dan lain-lain, semua akan diajarkan lewat live webinar gratis.

Jadi kalo Anda ingin membangun bisnis, kami sarankan Anda ikut webinar bisnis online bersama komunitas bisnis SB1M. Caranya bagaimana, simple tinggal daftar di DISINI dan sesegera mungkin karena seat terbatas ini sudah hampir penuh entah kapan lagi akan diadakan kembali. Yuk daftarkan sebelum quota penuh atau Anda bisa klik link dibawah ini dan lakukan pendaftarannya.

 

DAFTAR FREE WEBINAR

HOW MAKE MONEY ONLINE WHILE YOU SLEEP

bit.ly/FreeWebinarr

Atau

WhatsApp 0812 1037 6060

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *